KPA Nanga Bulik Hadiri Rakor Lintas Sektoral Bahas Pilkada Serentak 2020 ||

Senin (24 Agustus 2020), Ketua Pengadilan Agama Nanga Bulik bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau, Muhamad Irwansyah, SP,MP. mewakili Bupati Lamandau menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral secara virtual terkait pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau.

Rapat Koordinasi Lintas sektoral ini memiliki makna yang strategis dan beragendakan koordinasi antar stakeholder Provinsi Kalimantan Tengah yang akan melaksanakan pesta Demokrasi secara serentak.

Rapat membahas permasalahan teknis mengenai pelaksanaan Pemilu 9 Desember 2020 mendatang. Pemilu ini merupakan Perwujudan partisipasi masyarakat dan pemenuhan hak konstitusional, sarana demokratis dalam rangka membentuk pemerintahan yang legitimate dan nantinya Pimpinan yang dipilih adalah pimpinan yang lahir oleh, dari, dan untuk rakyat.

Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran dalam arahannya menyampaikan tentang pentingnya Pemilihan Kepala Daerah, Penyelenggara Pemilu dan pihak terkait diharapkan mampu melaksanakan Pilkada dengan aman tertib dan lancar.

"Peningkatan suhu politik pasti akan terjadi, namun kita harus saling menghormati, membangun komunikasi yang baik, mengedepankan protokol kesehatan dan menjunjung tinggi kebersamaan dan falsafah Huma Betang", kata Gubernur.

Pemerintah Provinsi Kalteng telah melakukan berbagai langkah dalam rangka pemilukada, mulai dari Pencairan Dana Hibah Pilkada, Pembentukan Desk Pilkada, dan Sosialisasi Pilkada. Kemudian refocusing anggaran, komunikasi intensif dengan pemerintah Kabupaten Kota, serta koordinasi dengan Pihak Keamanan.

“Harapan kami dengan berbagai langkah yang sudah diambil, agar partisipasi masyarakat dalam pemilukada tahun ini meningkat, walaupun dalam keadaan pandemi covid-19", kata Gubenur.

Pengadilan Agama Nanga Bulik tentunya juga mengapresiasi langkah strategis Pemda Lamandau khususnya dan Pemprov Kalimantan Tengah pada umumnya dalam rangka mempersiapkan agenda politik yaitu Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Lamandau secara struktur dengan harapan dapat memberikan pembelajaran politik dan pemilukada tahun ini meningkat, walaupun dalam keadaan pandemi covid-19’’.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatangan MOU Kerjasama Pelaksanaan Pilkada antara Kepolisian, KPU, BAWASLU, Kejaksaan, dan Pemerintah Daerah.

{Setda Lamandau/Tim TI-MSQ}


Cetak   E-mail