WKPA Nanga Bulik Hadiri Kunjungan Kerja Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ||

Rabu (09 September 2020), Wakil Ketua Pengadilan Agama Nanga Bulik Iman Hilman Alfarisi, S.H.I menghadiri Kunjungan Kerja Wakil Menteri (Wamen) LHK dan Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Lamandau.

Rombongan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI yang datang bersama rombongan termasuk mitra kerja KLHK yakni Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di sambut dengan upacara potong pantan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang.

Kedatangan Wakil Menteri LHK Alue Dohong bersama Komisi IV DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Dedi Mulyadi dengan dua anggota lainnya yaitu Darori Wonodipuri dan Bambang Purwanto tersebut merupakan respon dan upaya untuk menggali Informasi perihal konflik agraria antara warga Kinipan "Masyarakat Adat Laman Kinipan" dengan PT Sawit Mandiri Lestari (SML).

Pada pemaparan dan dialog yang berlangsung di GPU Lantang Torang tersebut, Bupati Hendra Lesmana menjelaskan tentang kondisi terkini di Kabupaten Lamandau. Ia juga memaparkan tentang status PT SML atas lahan yang digarap dari sudut pandang legalitasnya, termasuk berbagai langkah-langkah pemerintah daerah yang sudah dilakukan dalam upaya mengurai dan menyelesaikan sengketa yang terjadi.

Sementara, Wamen LHK Alue Dohong juga menyebutkan dari hasil analisis sementara KLHK RI berdasarkan overlay peta administrasi desa dan izin PT. SML, bahwa yang masuk wilayah administratif Desa Kinipan hanya seluas 906 hektare , dan lahan tersebut belum dibuka ataupun digarap, hal itu diperkuat dengan citra satelit yang dilakukan KLHK.

Dialog yang dipimpin Bupati tersebut di hadiri Wakil Bupati Lamandau, Sekretaris Daerah, kepala OPD dan Unsur Forkopimda juga menghadirkan Camat Batang Kawa, Kepala Desa serta sejumlah masyarakat dari Desa Kinipan, dan sejumlah masyarakat dari desa-desa lain di sekitar perusahaan. {Setda Lamandau/Tim TI-MSQ}

 


Cetak   E-mail